Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Saturday, 11 November 2017

KPU Kabupaten Bima Umumkan Hasil Seleksi 11 November


KM LENGGE,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima megadakan tes wawancara terhadap peserta penyelenggara tingkat Panitia Pemungutan Suasa (PPS) desa dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)kecamatan Pemlihan Umum Kepala Dearah setelah 191 PPK dinyatakan lulus tes tertulis,  (5/11) di Kantor KPU Kabupaten Bima.


Sebanyak 191 peserta Calon Anggota PPK  dan sekitar kurang lebih 1.146 peserta calon Anggota PPS yang sebelumnya telah dinyatakan lolos tes tertulis dari 18 Kecamatan dan 191 desa  se Kabupaten Bima menjalani tes wawancara (interview) di Kantor KPU Kabupaten Bima.

Tes wawancara digelar selama 2 hari yakni tanggal 4 sampai dengan 5 November 2017, untuk calon anggota PPK dan selama 4 hari untuk calon anggota PPS dari tanggal 06 November hingga 09 November bagi Calon anggota PPS.

Dalam tes wawancara ini, calon anggota PPK diinterview oleh 5 Tim terdiri dari Komisioner KPU Kabupaten Bima sebagai Ketua Tim beserta Kasubag sebagai pendamping yang terbagi dalam lima ruangan untuk melayani masing-masing 3 wilayah kecamatan, sedangkan tes wawancara calon anggota PPS di interview satu-satu oleh masing-masing anggota tim per 4 orang dalam satu sesi di ruangan selam 4 hari.

Pengaturan waktu dan ruangan oleh anggota tim dimaksudkan untuk mempersingkat waktu mengingat jumlah peserta tes yang banyak. Waktu interview yang digunakan oleh Tim untuk wawancara peserta calon anggota PPK satu peserta rata-rata 30 – 45 menit, sedangkan anggota PPS rata-rata 10 – 15 menit  untuk menggali pengetahuan dan rekam jejak peserta.

Pengetahuan peserta tentang kepemiluan digali lebih dalam untuk mendapatkan lima orang Anggota PPK terbaik dalam satu wilayah Kecamatan. Sedangkan PPS di seleksi dari 6 orang yang lolos tes tertulis di seleksi untuk mendapatkan anggota yang masuk dikualifikasi sebanyak 3 orang anggota PPS.

Komisioner Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat , Muhammad Waru, SH., MH mengatakan , Untuk menyelesaikan Tes wawancara tersebut sesuai dengan jadwal , selama seminggu tim seleksi KPU Kabupaten Bima bekerja keras hingga malam hari. Kemampuan para calon anggota PPK dari 18 kecamatan cukup memadai dan rata-rata, tapi yang kita butuhkan tidak saja pintar secara akademis namun paham dan pernah terlibat sebagai pengalaman merupakan kriteria penilaian.

“Saya menilai kemampuan peserta dalam menjawab pertanyaan saat wawancara semuanya bagus, banyka factor penilaian yang kami lakukan salahsatunya adalah tentang pengalaman, ” ujar Waru.

Mantan Anggota Komisioner Panwaslu Kabupaten Bima ini, juga menjelaskan KPU Kabupaten Bima akan melakukan tes wawancara untuk PPK dan PPS yang jadwalnya akan digelar dari 4 s/d 10 November 2017.


“Sesuai dengan tahapan tanggal 11 November 2017, KPU Kabupaten  Bima akan mengumumkan calon yang dinyatakan lolos menjadi Anggota PPK dan PPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018,” kata Waru. (Galank)

0 comments:

Post a Comment