Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Thursday, 20 November 2014

Jambore Kampung Dihadiri Oleh Gubernur NTB


KM  LENGGE WAWO,- Setelah di tunda kegiatan awal Jambore Kampung Media  berdasarkan agenda kegiatan yang berlangsung tanggal 17 September 2014 yang lalu, akhirnya Dinas Perhubungan Komunikasi  dan Informatika propinsi Nusa  Tenggara Barat (NTB) , akan menggelar kegiatan Jambore Kampung Media berdasarkan nomor surat 005/108/Dishubkominfo/VII yang bersifat penting dengan perihal Undangan Jambore Kampung Media yang dikeluarkan pada tanggal 19 November 2014.
Dinas Perhubungan Komunikasi  dan Informatika propinsi Nusa  Tenggara Barat (NTB) menggudang sebanyak 53 Kampung Media yang tersebar di Kabupaten dan Kota yang tersebar dari ujung Ampenan Kabupaten Lombok Barat (Pulau Lombok) hingga pelabuhan Sape Kabupaten Bima (ujung Pulau Sumbawa). Kegiatan ini tersebut  juga mengundang 10 Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika  yang ada di wilayah NTB.

Jambore Kampung Media yang akan diselenggrakan di Ruang Selaparang Hotel Lombok Raya, Sabtu (22/11/14) rencananya  akan bersisi berbagai acara kegiatan dari siang jam 11. 00 Wita, seperti teknis pembahasan penulisan inspiratif, penjelasan tentang buku kisah inspiratif dari kampung  hingga malam hari malam penganugerahan Kampung Media . Dan yang paling membanggakan anak-anank kampung adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat DR.KH. M. Zainul Majdi, MA akan hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan Jambore Kampung Media tahun ini, akan menghadirkan  5 kampung media dari Kota Mataram, 5 kampung media dari Kabupaten Lombok Barat, 5 kampung media dari Kabupaten Lombok Tengah, 10 kampung media dari Kabupaten Lombok Timur, 4 kampung media dari Kabupaten Lombok Utara, 6 kampung media dari kabupaten sumbawa, 4 kampung media dari Kabupaten Dompu, 4 kampung mediadari Kota Bima dan 10 kampung media dari Kabupten Bima.

Kegiatan Jambore yang merupakan ajang temu kangen dan pembahasan berbagai agenda Kampung Media serta malam penganugerahan bagi duta informasi, merupakan agenda rutin yang diselenggarahan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi  dan Informatika propinsi Nusa  Tenggara Barat (NTB). 

Kampung Media merupakan salah satu program andalan dari Dinas Perhubungan Komunikasi  dan Informatika propinsi Nusa  Tenggara Barat (NTB) yang dicetus oleh pendirinya Fairuz Abadi (Abu Macel) dibawa kepemimpinan Gubernur Nusa Tenggara Barat DR KH. M. Zainul Majdi, Ma sejak awal tahun 2008 lalu.

Berbagai prestasi yang telah ditorehkan oleh Kampung Media ditingkat Nasional adalah mendapatkan Top Inovasi Keterbukaan Publik tingkat Nasional dari Kementrian Pemberdayaan dan Reformasi Birokasi, sehingga banyak daerah yang menjadikan Kampung Media sebagai pilot Project (Daerah Contoh) untuk di kunjungi sebagai study banding. 

Kampung Mediapun sempat dipilih untuk mengikuti study banding ke Negeri Gingseng (Kore Selatan) beberapa bulan yang lalu bersama dengan 9 Top Inovasi lainya dan Kemenpan RI.  Bahkan Kampung Media telah mengikuti Keterbukaan Publik Internasional dibawah naungan (Perserikatan Bangsa-Bangsa) PBB.

Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta saat dipimpin oleh  Joko Widodo awal bulan Maret 2014 yang lalu pernah study banding ke Kampung Media NTB. Begitupun daerah lain seperti Kalimantan dan Sulawesi.
Menurut Koordinator Kampung Media Fairuz  Abadi, SH bahwa Jambore Kampung Media tahun 2014 akan berbeda dengan Jambore sebelumnya, dimana nantinya tulisan-tulisan inspirasi dan inspirator dari anak-anak kampung akan di buatkan dalam satu buku. “Semua tulisan teman-teman kampung media akan dinilai dan kita seleksi untuk di masukan dalam buku kisah-kisah Inpirator”, ujar Fairuz. 

Saat diwawancarai beberapa tahun yang lalu di acara “Cofee Break”TV ONE, gubernur NTB menjelaskan, Keberhasilan propinsi NTB tak lepas dari kerjasama pemerintah dengan masyarakat. Ada banyak kelompok masyarakat yang berikhtiar dengan cara mereka sendiri, mulai dari kelompok sadar wisata hingga komunitas Kampung Media yang menawarkan daerahnya di dunia maya. Inilah inisiatif masyarakat NTB untuk Indonesia.

Sepenggal kalimat Pak gubernur DR TGB M. Zainul Majdi, MA yang ditonton ribuan pasang mata di TV ONE , inilah yang menjadi motifasi bagi anak-anak kampung untuk tetap berkarya memajukan Propinsi Nusa Tenggara barat. Semoga Jambore Kampung Media tahun 2014 kita semakin termotifasi untuk tetap berkarya. (Efan)

0 comments:

Post a Comment