Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Thursday, 27 November 2014

Petani Wawo Persiapkan Lahan Persawahan



 
KM LENGGE WAWO,- Setelah dua pekan terakhir hujan mengguyur kecamatan Wawo, para petani yang menggarap sawah maupun tegalan mulai membajak dan membersihkan sawah untuk persiapan ditanami bibit padi. 

Menurut Abdurahman (46) warga desa Maria Utara, seminggu ini memang hujan belum turun dengan intensitas tinggi, oleh sebab itu sawah dibersihkan untuk mempersiapkan penanaman bibit padi jikalau curah hujan mulai tinggi. Bibit maupun pupuk telah disiapkan sehingga tiba saatnya pengumuman dari punggawa desa untuk mulai menanam persiapan sudah matang.

 “Saat ini hujan yang mengguyur wilayah kecamatan Wawo masih dengan intensitas sedang, kadang 2 atau 3 kali dalam seminggu dengan durasi 15 sampai dengan 30 menit dalam sehari, oleh sebab itu kami saat ini hanya mempersiapkan sawah dengan membersihkan dari tanaman liar, batu, maupun memperbaiki cetakan tanah yang longsor,” ujar Abdurahman.

Hal yang sama diutarakan oleh Muhtar (66) warga desa Ntori yang merupakan petani ladang ini mengungkapkan, untuk petani ladang yang bukan petani sawah sudah mulai menanam dengan bibit padi lahan tegalan. “Sebagain besar petani yang menggarap ladang sudah menanam 2 atau 3 hari yang lalu, karena menurut saya pengalaman kami membaca kondisi alam, angin dan bintang, kami yang bertani di ladang sudah mulai menanam, sebab kalau terlambat nanti hasilnya gak bagus.’’ Ujar Muhtar.

Sebagian wilayah kecamatan Wawo merupakan lahan tadah hujan, jadi petani hanya menanam awal musim hujan. Sedangkan pada musim kemarau hanya sebagian wilayah saja yang menggarap sawahnya 2 sampai 3 kali dalam setahun. (Efan)

0 comments:

Post a Comment