Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Rabu, 13 April 2016

Pangdam IX Hadiri Panen Raya Jagung di Sanggar


KM LENGGE,- Kunjungan Kerja Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI M. Setyo Sularso di Kabupaten Bima didampingi   6 orang perwira menengah yaitu  Kolonel Arm. Wing Handoko, Kolonel Inf. Amrizen,  Kolonel Arh. Dodo Irmanto,  Kolonel Inf. Hidayat Suryono,  Kolonel Inf. Eko Harianto dan Danrem 162/WB Kolonel Czi. Lalu Rudy Irham Srigede.



Setelah melakukan penanaman perdana pohon kayu putih di perkebunan PT. Sanggaragro Karya Persada desa Oi Katupa Kecamatan Tambora, pukul 16.55 Wita Pangdam IX/Udayana beserta rombongan tiba di Desa Boro Kecamatan Sanggar untuk melakukan kegiatan panen raya jagung bersama dengan kelompok tani yang ada di kecamatan tersebut. 
Pangdam dalam sambutannya dihadapan para petani  mengatakan,  "dirinya sangat bersyukur karena semua lahan telah ditanami jagung dan mendapatkan hasil panen yang luar biasa.

Pada kesempatan tersebut Mayjen. Setyo  mengatakan, "tentara turun ke sawah merupakan  perintah Presiden untuk membantu pencapaian program ketahanan pangan nasional.

Menurut Pangdam, "Ketahanan  pangan ini penting agar rakyat tidak mengalami kelaparan dan tentara telah di perintahkan untuk mencari lahan kosong yang bisa ditanami komoditi yang sesuai dengan kondisi tanah di suatu daerah" . Menutup amanatnya Panglima menyampaikan ucapan selamat kepada Bupati Bima dan masyarakat yang melaksanakan panen jagung pada tahun ini. 

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dalam penyampaiannya dihadapan Pangdam beserta rombongan mengatakan, "komoditi jagung menepati lahan paling luas di kecamatan Sanggar. Dari sisi harga, telah ditetapkan Rp 2.800 per kg . 

Berkaitan dengan kerjasama untuk mendukung Swasembada Pangan Nasional, dalam jangka waktu dua tahun terakhir ini pemerintah telah bekerjasama cukup erat dengan TNI dan ditingkat lapangan berkoordinasi dengan Babinsa.

Bupati Indah menjelaskan,  "pada tahun 2016, komoditi jagung yang ditanam di Kecamatan Sanggar mencapai 12.500 ha dan pada tahun 2016 ini  telah disediakan 600 unit alat tanam jagung, 12 unit tresser  termasuk alat Pengering ketika panen di musim hujan yang diarahkan langsung di sentra produksi jagung". Kata Bupati.

Indah mengatakan Pemerintah Kabupaten Bima akan terus berkomitmen mendorong peningkatan produksi dan produktivitas komoditi jagung ini. Mudah-mudahan komunikasi antara Pangdam dengan Kementerian terkait dapat mendukung komitmen Pemerintah Daerah dalam mencapai Swasembada pangan di Kabupaten Bima. 

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Bima Ir. Muh Tayeb memaparkan, " komoditi jagung ditanam BISI 2 dan BISI 18 di So Loka desa Boro. Pada tahun 2015 jagung di Kecamatan Sanggar ditanam pada "lahan 9.027 hektar dan pada tahun 2016 luas areal lahan tersebut meningkat menjadi lebih dari 12.500 hektar dengan target produksi 6 ton jagung per hektar. 

Khusus di So Loka, tanaman jagung seluas 1.600 ha dan  dilakukan panen raya oleh Pangdam dan Bupati beserta rombongan pada areal 1,5 hektar". Jelas Tayeb. 


Pada kesempatan tersebut Bupati Bima menyerahkan 20 lembar terpal  secara simbolis kepada Anwar ketua kelompok taniBunga Matahari desa Oi Saro dan Yusuf Amin Ketua Kelompok Oi Kantor Desa Boro. HP Bima (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar