Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Monday, 26 May 2014

LLPSS Ajarkan Siswa Peduli Hidup Bersih

KM LENGGE WAWO,- Sekolah Dasar Negeri 2 Maria terpilih wakili Kabupaten Bima dalam lomba Lingkungan Peduli Sanitasi Sekolah Dasar tahun 2014 ( LLPSS )  tingkat propinsi Nusa Tenggara Barat. SDN 2 Maria merupakan tiga dari Sekolah Dasar  yang akan mewakili Kabupaten Bima pada lomba yang akan dihelat pada tanggal 15 September 2014. 


Setelah diseleksi dan ditetapkan oleh tim penilai kabupaten/kota pada tanggal 15 April 2014 yang lalu maka SDN 2 Maria merupakan SD terpilih yang akan mengikuti lombatingkat propinsi NTB. Tim penilai tingkat propinsi terdiri dari Dinas PU, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan Propinsi NTB.

Tim penilai tingkat propinsi akan mengunjungi dan menilai sekolah yang ikut nserta dalam lomba tesebut selama 2 kali kunjungan. Kunjungan pertama akan dilaksananakan bulan mei dan kunjungan kedua pada bulan agustus. Mereka akan menilai Ruangan kepala msekolah, kelas, perpustakaan, UKS, tempat ibadah, kamar mandi, halaman dan TPS (tempat pengolahan sampah).

Berbagai persiapan yang dilakukan oleh jajaran pendidikan kecamatan Wawo terutama SDN 2 Maria, seperti membersihkandan menata lingkungan, kamar mandi, ruangan-ruangan dan tempat pembuangan sampah karena aspek inilah yang akan dinilai oleh tim dari propinsi.

Kepala Sekolah SDN 2 Maria, Yahya Baharudin, menyambut baik dan antusias terhadap dipercayakanya SDN 2 Maria salah satu dari 3 sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Bima mewakili Kabupaten Bima dalam lomba LLPSS tahun 2014 ini. “Kami akan menata sekolah ini dengan baik, disamping itu juga kepedulian pendidik dan tenaga kependidikan terhadap setiap lomba yang diikuti oleh kami sangat tinggi’, ujarnya.

Lebih lanjut yahya mengatakan, SDN 2 Maria sudah beberapa kali mewakili Kabupaten Bima bahkan propinsi NTB dalam ajang lomba tingkat Nasional. Berbagai prestasi yang diraih sekolah ini. Misalnya mendapatkan juara 1 Sekolah Sehat tingkat nasional pada tahun 2008. Juara 1 lomba sekolah AdiWiyatamandala Tingkat Nasional dan seabrek prestasi lainnnya.

Yahya menambahkan berkaitan dengan lomba LLPSS siswa dapat memahami sejak usia dini kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan berperan aktif terhadap sanitasi dan lingkungan sekolah. “Memberikan pengetahuan tentang sanitasi sehingga mereka tertarik dan bertindak peduli terhadap lingkungannya”, Kata yahya.

Mengikuti lomba Lingkungan Peduli Sanitasi Sekolah Dasar tahun 2014 ini juga bukan masalah sanitasi juga yang lebih diutamakan, tapi bagaimana mengajarkan siswa sejak dini tentang jangan BAB  disembarang tempat dan membuang sampah pada tempatnya serta bisa mengolah sampah. (Efan)

0 comments:

Post a Comment