Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 13 May 2014

Majelis Ta’alim Annisa Kabupaten Bima Santuni Lansia




KM LENGGE WAWO,- Majelis Ta’alim Annisa Kabupaten Bima menggelar kegiatan pembinaan Majelis Ta’alim Al Hidayah Kecamatan Wawo dan santunan para lansia di Desa Kombo Kecamatan Wawo, Sabtu (11/05). Kegiatan ini merupakan program rutin Majelis Ta’alim Annisa Kabupaten Bima.

Kegiatan Majelis Ta’alim Annisa di Desa Kombo di ikuti oleh 85 peserta yang terdiri dari Ketua Majelis Ta’alim Al-Hidayah Kecamatan Wawo beserta jamaahnya, perwakilan dari 2 orang majelis ta’’alim di tiap Desa yang ada di Kecamatan Wawo.  Kegiataan rutin ini untuk silaturahmi dan pembinaan terhadap Majelis Ta’alim yang berada di Kecamatan Wawo. Beberapa kegiatan yang menjadi program kerja adalah santunan terhadap 20 orang tua lanjut usia atau lansia di desa Kombo dan Desa Raba. 10  orang lansia di Desa Kombo  dan 10 oran lansia di Desa Kombo, 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan di tiap Desa. 

Ketua Majelis Ta’alim Annisa Kabupaten Bima, Hj. Nuraini Muhdar menjelaskan kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan agenda rutin yang telah menjadi program Majelis Ta’alim Annisa Kabupaten Bima. “Kami akan memberikan santunan berupa uang dan kebutuhan sembako bagi 10 orang lansia dan 10 orang lansia di Desa Raba, hal ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat”. Ujar Nuraini.
Disamping kegiatan santunan terhadap Lansia, Majelis Ta’alim annisa juga mengadakan kegiatan berupa pemberian materi kewajiban orang hidup terhadap orang yang telah meninggal dunia, hadir sebagai pembicara dan memberikan materi adalah H. Abidin H. Idris, S. Pdi. 

Antusias peserta Majalis Ta’alim ini cukup tinggi, terutama pada penjelasan materi dan praktek kewajiban orang yang masih hidup terhadap orang yang telah meninggal Dunia. Mulai dari proses memandikan jenajah, mengkafani, menyolatkan, menguburkan dan mendoa’akan. “Banyak masyarakat yang kurang mengerti dengan hal ini, bahkan di tengah masyarakat kita cenderung di sepelekan hal seperti ini, terutama cara memandikan dan menyolatkan jenazah banyak yang tidak tau adab dan tata tertibnya, oleh sebab itu kita harus sering belajar dan praktek hal ini”, ungkap H. Abidin.

Ketua Majelis Ta’alim Al-Hidayah Kecamatan Wawo, Nurlaelah merasa bersyukur dengan kegiatan ini, karena hal ini mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat, karena banyak masyarakat kita yang belum paham dengan memandikan dan menyolatkan jenazah. “Saya merasa senang dan bangga terhadap jamaah mejelis Ta’alim di kecamatan Wawo karena antusiasnya mengikuti acara seperti ini”, ujar ibu camat wawo ini.

Hal yang sama juga diungkapkan oelh peserta dari Majelis Ta’alim Desa Kombo Umiyati, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami dan masyarakat, karena ilmu ini jarang kami di dapatkan, kami hanya membaca buku saja selama ini tetapi prakteknya jarang kami tau. “Masyarak di Desa Kombo merasa senang sekali dengan kegiatan ini, disamping kami mendapatkan ilmu juga menjadi ajang silaturahmi”kata Umi. (Efan)

0 comments:

Post a Comment