Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Saturday, 3 May 2014

Usaha Batu Permata Desa Maria di Minati Tim Penilai Lomba Desa


KM LenggeWawo,-   Tim penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima, Rabu (30/4), menilai Desa Maria Kecamatan Wawo. Ketua Tim penilai, Putarman, SH disambut meriah oleh warga setempat dengan tari penyambutan Wura Bongi Monca dan kesenian tradisional lainnya. 

 Tim disambut hangat oleh Kepala Desa Maria, Nurdin HM Saleh, majelis Adat Maria, dan Camat Wawo, Syafrudin Daud, S.Sos. Tim penilai dari berbagai dinas instansi itu sebelum menilai menyanyikan lagu Indonesia raya, lagu khas lomba lainnya.

Camat Wawo, Syafrudin Daud, S.Sos, mengatakan, sebulan terakhir ini sibuk menyiapkan lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Provinsi NTB untuk Desa Maria. Apalagi, desa ini mengikuti dua lomba sekaligus yakni lomba desa tingkat Kabupaten Bima dan lomba BBGRM Provinsi NTB.

Persiapan itu, katanya, tak mungkin dilakukan sendiri oleh kepala desa (Kades) dan Camat Wawo, tetapi karena dilakukan secara bersama mampu menata baik administrasi, penataan lingkungan, dan lainnya. Bahkan, setelah dipercaya menjadi Camat Wawo kesibukan awal langsung tancap gas untuk menyiapkan dua lomba itu.

Dengan keterbatasan itu, terangnya, masih banyak yang seharusnya disiapkan terutama berbagai indicator penilaian. Namun, jika Desa Maria dipercaya untuk menjadi duta Kabupaten Bima pada lomba desa tingkat Provinsi NTB, maka segala sesuatu itu akan dibenahi lebih baik lagi.

“Pengalaman kami saat menjadi Camat Sape beberapa kali dipercaya untuk mewakili Kabupaten Bima tidak mengecewakan dan memberikan prestasi terbaik bagi Kabupaten Bima di tingkat Provinsi NTB,” ujarnya di hadapan tim penilai di aula Desa Maria, Rabu.

Dia berharap kali ini Desa Maria dapat dipercaya untuk mewakili Kabupaten Bima pada lomba desa tingkat Provinsi NTB beberapa bulan ke depan. Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima, Putarman, SH, menjelaskan, tim penilai merasa bersyukur dengan sambutan hangat dari warga Desa Maria dengan berbagai kesenian tradisional, tetapi lomba desa ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Tentu saja berbagai indicator penilaian sudah ditentukan baik yang berkaitan dengan penilaian administrasi desa, kegiatan PKK desa.

Ada yang menarik minat para juri dalam lomba ini yaitu ketika meninjau pengrajin batu permata milik H. Anwar. Tim penilai sempat mewawancarai lansung H. Anwar. Usaha ini sudah berlansung hampir 30 tahun, dah batu permata miliknya sudah melanglang hingga luar negeri. H. Anwar orang-orang dari luar daerah seperti dari jakarta sering data membeli karyanya bahkan para turis juga.

Usaha ini juga menjadi usaha untuk memberdayakan para remaja tau pemuda di Desa Maria, mereka dilatih untuk bisa mencari bahan baku sampai dengan proses membuatan batu permata dan proses pemasaran. “Alhamdullillah usaha ini juga bisa menciptakan lapangan kerja bagi pemuda di desa kami”. Ujar Anwar.

Tidak hanya itu, katanya, tim juga meninjau lokasi dusun hingga RT untuk mengetahui secara riil apa yang telah dilakukan warga Desa Maria sebagai duta Kecamatan Wawo pada lomba tingkat Kabupaten Bima. Di dusun sampel tim penilai meninjau kegiatan siskamling, posyandu balita dan lansia, serta kegiatan PKK dusun.

“Beberapa catatan tim akan disampaikan kepada kepala desa dan panitia. Tentu setiap desa berharap bisa meraih yang terbaik, tetapi karena tim ini kerja secara kolektif maka penilaian juga dilakukan secara kolektif. Doakan saja semoga desa ini meraih yang terbaik,” katanya. (AJI/EFAN)

0 comments:

Post a Comment