Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Saturday, 18 October 2014

PDGI Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gigi Gratis.

 
KM LENGGE WAWO,- Menyambut bulan Kesehatan  Gigi Nasional Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) yang berada di cabang Bima-Dompu menggelar kegiatan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan kesehatan gigi secara gratis pada hari Sabtu ( 18/10) di lengge Nae Kecamatan Wawo. Kegiatan dengan tema “ Gerakan Nasional Bebas Karier Anak Usia Dibawah 12 Tahun” . Pemeriksaan kesehatan gigi secara gratis kepada 1000 anak dibawah 12 tahun  yang ada di sekolah kecamatan Wawo. 

Koordinator kegiatan dan Koordinator dokter Gigi Bima-Dompu, Drg. Fajar Apriyanto memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan PDGI. Tidak semua cabang PDGI bisa melaksanakan kegiatan seperti ini karena harus ditunjukmoleh PDGI pusat tempat pelaksaan kegiatan. PDGI Cabang Bima-Dompu kebetulan ditunjuk langsung oleh pusat untuk menggelar kegiatan ini. Kecamatan Wawo kami pilih karena selama 10 tahun ini di daerah dataran tinggi ini belum ada kegiatan semacam ini dan belum memiliki dokter gigi. “Selama 10 tahun terakhir masyarakat kecamatan Wawo kurang memahami masalah kesehatan gigi dengan alasan itu kami memilih kecamatan wawo untuk menggelar kegiatan ini, sehingga masyarakat bisa mendapatkan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gigi, itu intinya”, ujar Fajar.

Kemudian, Fajar juga menambahkan,  ada sekitar 29 Dokter gigi, 30 perawat, apoteker dan tenaga kesehatan lainnya yang berada diwilayah kabupaten, kota Bima dan Dompu. Sasaran dari kegiatan ini adalah sisiwa dan siswi SD yang berada di sekitar Puskesmas Wawo dengan jumlah 1000 Siswa berkumpul untuk melakukan bersama dengan guru pembinannya. 

Pemeriksaan kesehatan gigi gratis yang diikuti oleh 1000 anak dibawah 12 tahun kedepanya dalam rangka mengajak kepada anak – anak untuk dapat merawat gigi mereka dengan dilakukan pemeriksaan secara rutin baik di puskesmas maupun di RSUD sehingga dengan pemeriksaan rutin tersebut maka anak – anak akan terlihat sehat terutama kesehatan giginya, selain dilakukan pemeriksaan gigi gratis ini anak – anak akan diajarkan cara menggosok gigi yang baik karena dengan dilakukan pemeliharaan kesehatan akan giginya maka anak – anak akan tampak sehat.

PDGI juga bekerja sama dengan Unilever, memberikan gratis paket berupa Pasta gigi Pepsodent, sikat gigi, gelas plastik danpamflet bersisi cara menyikat gigi yang benar kepada 1000 siswa yang hadir pada kegiatan pemeriksaan gigi.

Drg. Fajar Apriyanto mengucapkan terimaksih atas dukungan dari Bupati Bima dan berharap pemerintah daerah kedepan dapat menganggarkan APBD untuk khusus kegiatan PDGI, karena selama ini pemerintah Kabupaten Bima hanya menggagarkan untuk kegiatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), sehingga kegiatan semacam ini mampu dilaksanakan oleh PDGI Bima-Dompu setiap tahun diseluruh wilayah Bima dan Dompu. ( Efan)

0 comments:

Post a Comment