Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Rabu, 22 Oktober 2014

Regu Lomba TUB di Kecamatan Wawo Dinilai

KM LENGGE WAWO,- Peserta Lomba Tata Upacara Bendera (TUB) tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) kecamatan Wawo dinilai oleh tim penilai tingkat Kabupaten Bima, di halaman SMA 1 Wawo, Selasa (21/10). Lomba TUB adalah adalah program tahunan Dinas Dikpora Kabupaten Bima untuk menanamkan nilai dasar kedisiplinan bagi siswa-siswi Sekolah agar mampu melaksanaan upacara bendera hari senin.

 

Kecamatan Wawo adalah kecamatan ke 9 dari 18 kecamatan yang dinilai oleh tim penilai TUB yang terdiri dari 5 orang anggota yang berlatar belakang profesional dan berkompetensi dibidangnya masing-masing. Tim penialai yang berjumlah 5 orang secara maraton akan menilai 18 kecamatan yang berada di Kabupaten Bima. Sebanyak 5 orang tim penialai ini berasal dari pelatih Paskibraka, Pelatih Pramuka dan Dinas Dikpora Kabupaten Bima.

Kepala seksi kepemudaan Dinas Dikpora Kabupaten Bima dan sebagai ketua panitia lomba TUB tingkat Kabupaten Bima, Munajat Muhaimin, S. Pd ditemuai saat menilai lomba TUB di halaman upacara SMA 1 Wawo, memaparkan Lomba TUB terdiri dari perwakilan dari SD regu Putra (PA) dan Putri (PI), SMP regu PA dan PI serta SMA 1 regu gabungan PA dan PI perwakilan dari sekolah yang ada di Kecamatan Wawo, telah diseleksi dan dinilai yang terbaik untuk mewakili kecamatan oleh panitia dan pelatih di tingkatKecamatan.

“Peserta lomba TUB tingkat SD, SMP dan SMA yang diikutkan dalam lomba adalah adalah siswa-siswi pilihan yang telah diseleksi oleh pihak kecamatan. Siswa-siswi ini telah berlatih selama hampir 1 bulan. Untuk 1 regu PA maupun PI terdiri dari 72 orang dalam lomba TUB, 31 orang regu inti PA/PI, penyanyi 31 PA/PI, 1 orang pemimpin, 1 orang ajudan, 3 orang paskibraka, 1 orang pembina, 1 orang ajudan dan pengatur upacara’, ujar Munajat.

Munajat melanjutkan bahwa “ Khusus untuk lomba TUB tingkat SMA digabung PA/PI dan berbeda dengan tingkat SD dan SMP, peserta lomba TUB SMA menggunakan drumband sebagai pengiring upacara, jadi tingkat SMA sudah bisa menggunakan alat-alat drumband sebagai pengiring upacara pagi hari senin”katanya.

Dalam lomba TUB ada beberapa  kriteria yang dinilai, Pasukan inti, pasukan penibar bendera, pemimpin upcara, regu penyanyi,pengatur upcara, pembawa acara dan sebagainya. Pemimpin upcara misalnya dinilai, penampilan, suara, teknis gerakan, dan  penjiwaan. Sedangkan pengatur upcaraadalah  pemilihanan petugas, persiapan lapangan, persiapan tertulis dan pelaksaan.

Lomba TUB ini bertujuan agar siswa-siswi dalam melaksanakan upacara bendera hari senin mampu menerapkan disiplin dan membentuk karakter siswa, sehingga siswa-siswi mampu melaksanakan upcara bendera dengan baik di sekolah. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar