Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Jumat, 22 November 2013

DIKPORA Kabupaten Bima Gelar Sosialisasi DAPODIK 2013


KM. LENGGE WAWO,- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima menggelar sosialisasi aplikasi dan cara pengisian Dapodik 2013, di SDN 2 Sape, untuk memudahkan para kepala sekolah dan operator menvalidasi data sekolah.

Kegiatan ini menghadirkan kepala sekolah dan operator di tiga wilayah kecamatan yang ada di bagian timur kabupaten bima, yaitu kecamatan Wawo, Sape dan Lambu. Kegaiatn yang berlangsung sehari ini dibuka oleh Kabid Program Dikpora Kabupaten Bima. Drs. Kusrin, S. Pd.

Dalam sambutannya Kusrin menjelaskan, bahwa pengisian Dapodik ini sangat penting untuk sekolah, agar pemerintah pusat melalui kementrian Pendidkan dan Kebudayaan bisa mengimplementasikan program bantuan sarana dan prasarana serta peningkatan sumberdaya pendidik maupun kependidikan.

“Dikpora Kabupaten Bima berharap kepala sekolah dan para Operator dapat mengisi dan menvalidasi data Dapodik ini dengan baik dan benar agar nanti bagi tenaga pendidik dan kependidikan yang mendapatkan tunjangan sertifikasi tidak mendapatkan kendala dalam memenuhi syarat mengajar 24 jam dalam seminggu”, ungkap Kusrin.

Pada sesi acara aplikasi dan penjelasan pengisian Dapodik, Operator Dapodik Kabupaten Bima, Agung Rupawan, ST menjelaskan secara mendetail cara pengisian dan validasi Dapodik 2013 ini. Seperti penginstalan sofware, dan pengisian data sekolah.

Lebih lanjut Agung menjelaskan,”Dapodik merupakan salahsatu layanan pendataan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berplatform internet yang tidak bisa direkayasa sehingga sangat sensitif mulai dari pengisian dan registrasi kode pengamanan maupun data.

“Apabila Kode pengaman yang kita masukan salah, maka aplikasi dapodik tidak bisa dibuka, begitupun data dan angka secara otomatis akan ada pemberitahuan data invalid, makanya pengisian data mulai dari registrasi sampai pengiriman data secara online melalui server kementrian Pendidikan dan Kebudayaan nanti harus hati-hati”, katanya. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar