Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Selasa, 12 November 2013

KM Mandiri Motifasi Untuk Terus Berkarya


KM. LENGGE WAWO,- Dari awal terbentunya KM Lengge di akhir penghujung tahun 2012 lalu, tidak ada motifasi untuk meraih target apa-apa, akan tetapi semangat untuk belajar dan terus belajar, memberikan informasi dan memperkenalkan budaya kecamatan wawo di dunia maya, yang mengantarkan kami masuk dalam deretan pemenang penghargaan Duta Informasi pada kategori Motivator terbaik, yang diselenggarakan oleh Dishubkominfo Pemrov NTB dan Kampung Media NTB pada acara malam Jambore Kampung Media yang digelar di Boolroom Hotel Lombok Raya pekan lalu.

Sebanyak 52 Kampung Media yang di akomodir oleh Dishubkominfo NTB dan Kampung Media NTB sejak tahun 2009 yang lalu tersebar diseluruh Kabupaten dan Kota di wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat.


Tahun 2012 setelah terbentuk KM Lengge Wawo mencoba berkoordinasi dengan Koordinaor KM Kabupaten Bima dan Dishubkominfo Kabupaten Bima agar diakomodir dalam 52 Kampung Media yang dibiayai dari APBD Dishubkominfo NTB dan KM NTB. Namun ternyata untuk sementara KM Lengge Wawo belum bisa untuk tergabung dalam 52 Kampung Media yang biaya dari APBD Propinsi.

Tidak surut perjuangan kami, Awal Tahun 2013, dengan koordinasi dan kerjasam yang baik dengan Kampung Media Kabupaten Bima , akhirnya pemerintah Kabupaten Bima mulai mengalokasikan anggaran untuk Kampung Media se Kabupaten Bima termasuk KM Lengge Wawo. Sehingga KM Lengge Wawo, menjadi KM Mandiri yang diakomodir oleh pemerintah Kabupaten Bima saat ini.


Dengan semangat dan perjuangan ini, kami mencoba menunjukan eksistensi kami dalam menyajikan tampilan blog, berita-berita yang beragam walaupun dalam proses belajar. Kami mencoba dari waktu-ke waktu untuk tetap tampil memberikan informasi walau satu kalimat, sepenggal kata dalam penyajian gambar-gambar hidup bercerita tentang informasi, kami eksis....kami ada....itulah semboyan teman-teman KM Lengge waktu awal terbentuk. Kami ingin tunjukan ke senior-senior KM, bahwa KM Mandiri bisa, kami belajar dari KM Senior.

Pada minggu ke empat bulan september, kami kaget ketika Dishubkominfo dan Kampung Media NTB mengundang kami untuk mengikuti Jambore Kampung Media yang akan diselenggrakan di Mataram, NTB. Tidak ada firasat kami terpilih untuk masuk kategori ataupun mendapatkan bantuan seperti KM yang di akomodir oleh KM NTB. Keinginan untuk menambah pengalaman dan belajar, kami bersama Dishubkominfo Kabupaten Bima dan KM Kabupaten Bima bersama-sama berangkat ke Mataram.

Sebelum malam Anugerah Kampung Media, saya sempat ditanya oleh Fairuz Abadi (Kepala Kampung) kepalanya seluruh Kampung Media, saya sempat kaget, kok beliau sebut nama KM Lengge, padahal dalam benak saya kami Kampung Media Mandiri tidak begitu masuk hitungan. Fairuz sempat mengatakan “pokoknya ada kejutan buat KM Lengge Wawo nanti malam” ujarnya. Saya sempat bertanya dan penasaran dalam hati saat itu, apa kejutannya?.


Tiba Pada malam puncak acara Anugerah Kampung Media, saya sempat menepis ucapan Pak Fairuz td sore, “ah, paling beliau hanya memberikan semangat dan spirit agar kita tetap berkarya” ujar saya dalam benak, akhirnya ucapan Fairuz saya tepis dan anggap angin lalu saja.

Tapi saya kaget ketika KM Mandiri Wadu Pa’a yang merupakan teman seperjuangan saya disebutkan masuk kategori Duta Informasi paling awal disebutkan dari 20 Nominasi KM, dan akhirnya pada kategori Motivator terbaik KM Mandiri Lengge Wawo juga terpilih menjadi Motivator Terbaik Penulis berita terbanyakdari 5 Nominasi. Saya sempat kaget ke dua kali. Saya tidak tau apa indikator penilaian Kampung Media NTB sehingga KM Mandiri Lengge Wawo terpilih dalam kategori ini. Memang menurut Fairuz bukan hanya sekedar banyak menulis berita saja, tetapi aspek-aspek yang lain menjadi penilaian.


Hal ini yang membanggakan bagi KM Lengge Wawo, Kampung Media yang seumur jagung mampu meraih penghargaan pada malam Anugerah Jambore Kampung Media. Hal ini cukup membaggakan bagi kami, semoga dengan penghargaan ini kami tetap berkarya, termotifasi untuk belajar dan tetap belajar.

Kami juga berharap dukungan penuh, Gubernur NTB, Zainul Majdi, Dishubkominfo NTB, Kampung Media NTB tetap memperhatikan Kampung Media Mandiri menuju Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Wirauhasa Baru, agar tetap tampil dan mampu memberikan yang terbaik untuk Nusa Tenggara Barat. (EI)

0 komentar:

Posting Komentar