Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Friday, 22 November 2013

Pekerjaan PNPM-PISEW di Wawo, Tuntas


KM. LENGGE WAWO,- Pelaksanaan proyek Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Pengembagan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PNPM-PISEW) tahun anggaran 2013, yang dikerjakan oleh sebelas Lembaga Keswadayaan Desa (LKD) atau Kelompok Tani (Poktan) pada tiga desa diwilayah Kecamatan Wawo, saat ini sudah rampung seratus persen.

Penanggungjawab Operasional Kegiatan (PJOK) PNPM-PISEW Kecamatan Wawo, Syarifudin Bahsyar, S. Sos, ketika dihubungi Koran ini Ahad kemarin (17/11) mengatakan, pelaksanaan proyek PNPM-PISEW diwilayah Kecamatan Wawo yang dimulai sekitar sebulan lalu berjalan dengan baik dan lancar. Bahkan saat ini seluruh LKD yang mendapat jatah proyek tersebut, sudah merampungkan pekerjaannya seratus persen.

Menurutnya, jatah sebelas paket pekerjaan PNPM-PISEW yang diperoleh Kecamatan Wawo pada tahun 2013 ini berada di tiga desa, masing-masing empat paket untuk Desa Maria dan Pesa, sementara Desa Kombo hanya tiga paket, dengan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh para LKD atau kelompok tani berupa pembuatan saluran drainase. “Total anggaran PNPM-PISEW yang diperuntukan bagi sebelas LKD di Kecamatan Wawo pada tahun 2013 ini mencapai, Rp. 400 juta, dengan rincian, satu LKD mendapatkan dana sebesar, Rp. 35 sampai Rp. 45 juta.
Diakuinya, sampai saat ini hasil pekerjaan fisik yang dilakukan para LKD selaku pelaksana proyek di lapangan, rata-rata sangat bagus, bahkan mutu dan kualitasnya tidak diragukan lagi. Hal ini berkat adanya himbauan yang dilakukan oleh pihaknya sebelum dimulainya pekerjaan PNPM-PISEW diwilayah Kecamatan Wawo. “Sebelum memulai pekerjaan, bahkan ketika para ketua LKD dan anggotanya sedang bekerja di lokasi proyek masing-masing, saya selalu mengingatkan agar bisa mengutamakan mutu dan kualitas pekerjaan, jangan hanya mengejar keuntungan,” ujarnya.


Syarif melanjutkan, diingatkan kepada seluruh LKD untuk tetap menjaga mutu dan kualitas pekerjaan. Karena hasil dari saluran drainase yang telah dibangun tersebut nantinya pasti sangat bermanfaat bagi orang banyak, terutama para petani yang memiliki lahan pertanian sawah di sekitar lokasi kegiatan proyek dimaksud. “Alhamdulillah, semua proyek PNPM-PISEW yang dilaksanakan di Wawo, saat ini sudah rampung seratus persen. Bahkan mutu dan kualitas pekerjaanya sangat bagus,” cetusnya.

Disisi lain, Syarif menambahkan, pada tahun 2014 mendatang, Kecamatan Wawo kembali mendapatkan proyek PNPM-PISEW dari pemerintah pusat. Bahkan alokasi anggarannya lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, yakni mencapai, Rp.70 sampai 80 juta per kelompok pelaksana proyek (LKD). “Insyaallah, dalam tahun 2014 nanti, semua desa di Wawo kembali mendapat jatah PNPM-PISEW dari pusat. Bahkan beberapa hari lalu, kami telah melakukan survey lokasi di sembilan desa yang tersebar diseluruh wilayah Kecamatan Wawo,” tandasnya.

Sementara itu, anggota LKD Majelis Ta,alim Nurrulsama Desa Kombo, Fatimah Yasin, saat ditemui Koran ini di lokasi proyek, Sabtu kemarin (16/11) mengatakan, pekerjaan proyek PNPM-PISEW yang dilaksanakan oleh pihaknya mulai sekitar sebulan yang lalu, saat ini sudah rampung seratus persen. “Dalam proyek PISEW ini, kami sudah membuat saluran drainase sepanjang 151 meter dengan pengembangan sepanjang empat meter, sehingga panjang drainase yang kami kerjakan ini menjadi 154 meter, dari total anggaran sebesar, Rp. 45 juta,” cetus Fatimah. (Yar)

0 comments:

Post a Comment