Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Selasa, 28 Juni 2016

Pemkab Bima Canangkan BBGRM


KM LENGGE,- Pelepasan Balon menandai Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM) XIII tahun 2016 oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri , di  lapangan Desa Rupe  Kecamatan Langgudu. Pencanangan tersebut dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-44, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-108 dan Deklarasi Anti Narkoba Tingkat Kabupaten Bima.



Bupati Bima hadir bersama Wakil Bupati Drs. Dahlan M. Noer, ketua DPRD Hj. Murni Suciyati dan Pimpinan beserta anggota DPRD, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima, Ketua Pengadilan Negeri  dan Ketua Pengadilan Agama Raba Bima, kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) NTB, BNN Kabupaten Bima, kepala SKPD, para Camat, Sekcam, Kepala-kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPMD, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Para Pemuda dan insan pers.

Bupati Indah mengatakan "Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat  yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun, merupakan wahana bagi peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah, meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.

Dijelaskan Bupati, "BBGRM diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Tema Bulan Bhakti Gotong Royong Tahun ini “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)  Kita Daya Gunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa Sebagai Mitra Pemerintah Desa”.

Tema  ini kata Bupati, membawa pesan yang kuat bahwa BBGRM merupakan satu wahana untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

Kegiatan ini juga lanjut Bupati ditujukan untuk meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan rintah dalam pelaksanaan pembangunan serta mendorong peningkatan rasa memiliki dan tanggung jawab masyarakat terhadap hasil pembangunan.

Berkaitan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-44 PKK tingkat Kabupaten Bima tahun 2016, Bupati Indah mengatakan, "gerakan pemberdayaan dan kegiatan PKK dengan 10 program pokok ditujukan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga.

"Berkaitan dengan HKG PKK ini Bupati berharap agar TP. PKK dapat lebih meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mendukung program kerja pemerintah untuk mewujudkan visi Terwujudnya pembangunan Kabupaten Bima yang Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal (RAMAH) yang khusus dijabarkan di dalam misi pembangunan pada Poin lima yaitu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan". Urai Bupati Indah. 

Sebelumnya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kabupaten Bima Abdul Wahab Usman SH, M.Si  dalam laporannya mengatakan, pengelolaan dana desa menjadi titik berat perhatian pemerintah daerah.

"Melalui skema dana desa, pembangunan tetap dilaksanakan melalui pola swakelola yang mengedepankan swadaya dan gotong royong masyarakat. Artinya, katakanlah ada proyek membangun jembatan dengan dana desa maka harus dilakukan dengan gotong-royong. Inilah semangat yang  terus didorong". Terang Wahab.


Wahab menambahkan, setelah pencanangan, nanti Bupati dan Wabup akan turun ke desa-desa dalam rangka membangkitkan dan memompa semangat masyarakat desa untuk menyelesaikan kegiatan kegiatan yang ada di desa.  "Tentu kita kaitkan dengan pencairan dana desa  yang bersumber dari APBN pada awal Bulan Juni". Tutupnya. Prosesi pencanangan BBGRM XIII ditandai dengan pelepasan balon. HP Bima (Efan) 

0 komentar:

Posting Komentar