Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Friday, 19 September 2014

Camat Wawo Buka MTQ Tingkat Desa Raba

 
KM LENGGE WAWO,- Camat Wawo, Syafruddin Daud, S. Sos, Rabu malam (17/9) membuka secara resmi perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur,an (MTQ) tingkat Desa Raba Kecamatan Wawo tahun 2014. Kegiatan yang berlangsung di lapangan sepak bola Desa Raba tersebut, antara lain dihadiri oleh unsur muspika, anggota dewan duta PPP, kepala sekolah, para kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda di seluruh wilayah Desa Raba.


Camat Wawo, Syafruddin Daud, S. Sos dalam sambutannya mengatakan, kegiatan MTQ merupakan wahana untuk menyiarkan syariat islam, sekaligus untuk membumikan Al,qur,an di Desa Raba dan diseluruh wilayah Kabupaten Bima pada umumnya.

Menurutnya, makna dari sebuah pelaksanaan MTQ itu salah satunya adalah mengajak semua lapisan masyarakat, terutama para generasi muda untuk membaca dan mengamalkan isi kandungan kitab suci Al,qur,an dalam kehidupan sehari-hari. Olehnya itu, seluruh masyarakat, terutama para orang tua harus rajin membawa anak-anaknya ke Tempat Pembacaan Qur,an (TPQ) yang disediakan oleh pemerintah, agar anaknya bisa belajar sekaligus menjadi pintar membaca Al,qur,an.

Syafruddin menegaskan, kitab suci Al,qur,an itu jangan dijadikan sebuah hiasan, tapi harus dijadikan pedoman sekaligus baca,an bagi setiap umat islam, terutama bagi para generasi muda harapan bangsa kedepan. Untuk itu, kalau ingin memperbaiki ahlak dan moral anaknya baik mulai saat ini maupun dimasa-masa yang akan datang, para orang tua harus mengajar membaca Al,qur,an (Mengaji) yang baik pada anak-anaknya, terutama yang usia mulai 2 sampai 15 tahun. Hal ini bertujuan agar anak-anak tersebut tidak mudah terjerumus dalam lembah hitam, seperti pergaulan bebas dan narkoba. “Saya harap, para orang tua harus mengajar dan mendidik anak untuk sopan santun, jangan biarkan sembarangan bergaul, karena mereka ini adalah calon generasi penerus perjuangan bangsa kedepan,” ujarnya.

Camat yang baru saja berhasil membawa Desa Maria masuk enam besar lomba desa tingkat nasional tersebut mengaku bahwa selama ini, Kecamatan Wawo selalu terbelakang dalam urusan prestasi, karena tidak pernah meraih juara pada perlombaan MTQ, khususnya di tingkat Kabupaten Bima. Olehnya itu, pihaknya selaku camat Wawo mengaku telah memiliki program kedepan, terutama untuk peningkatan prestasi masyarakat Wawo. Salah satunya akan membawa anak-anak yang memiliki potensi dan juara MTQ di tingkat desa kepada sejumlah guru ngaji yang bagus dan memiliki keahlian di Kabupaten Bima, seperti Fitrah Malik. “Saya menerapkan program ini, supaya anak-anak itu bisa belajar dan lebih maju lagi kedepan, dalam waktu dua bulan saja, saya yakin anak-anak ini pasti sudah pintar membaca Al,quran dengan baik dan benar,” cetusnya.

Mantan Camat Ambalawi dan Sape tersebut menambahkan, dengan adanya program seperti itu, pihaknya optimis para peserta dari Kecamatan Wawo kedepannya pasti akan masuk 10 besar, bahkan bisa juara pertama di arena MTQ tingkat Kabupaten. Pada kesempatan tersebut, camat Syafruddin mengajak seluruh masyarakat Desa Raba dan Wawo pada umumnya, agar terus bersama-sama dan saling bahu membahu dalam membangun desa dan Kecamatan Wawo secara gotong royong, hal ini semata-mata untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Wawo dan Kabupaten Bima umumnya, baik dimasa kini maupun dimasa-masa yang akan datang. (YAR)                 

0 comments:

Post a Comment