Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 3 September 2014

Pemasangan Pipa Proyek Air Bersih Berjalan Lancar


KM LENGGE WAWO, - Pekerjaan mega proyek APBN berupa pengadaan air bersih di Dusun Kawae Desa Maria Utara Kecamatan Wawo yang sedang berjalan saat ini, tidak hanya dilakukan oleh PT. Tirta Sarana Mulia Technology, tapi ada lagi satu perusahaan khusus yang menangani paket pekerjaan perpipaan dalam hal ini, CV. Cinta Kasih Utama Mataram NTB.


Salah seorang pelaksana proyek pemasangan pipa dari CV. Cinta Kasih Utama, Irwan Akbar mengatakan, setelah dipercaya oleh pihak pemerintah untuk mengerjakan paket pekerjaan pemasangan pipa dalam proyek pengadaan sarana dan prasarana air bersih di Dusun Kawae Desa Maria Utara Kecamatan Wawo. Maka pihaknya sejak tiga pecan yang lalu hingga saat ini terus melakukan pemasangan pipa air diberbagai wilayah Kecamatan Wawo, terutama di desa-desa yang dilalui oleh proyek air dimaksud.

Menurut Irwan, dalam waktu yang sudah berjalan hampir satu bulan ini, pihaknya bersama puluhan tenaga kerja yang direkrut pada setiap desa di Wawo, untuk sementara sedang melakukan pemasangan sejumlah pipa induk sebesar 4 hingga 6 ince di sawah-sawah dan lahan kebun milik warga, mulai dari pusat penampungan air (Reservoar) yang sedang dibangun saat ini di Dusun Kawae hingga kewilayah Desa Kambilo. Setelah itu, nantinya akan dilanjutkan dengan pemasangan pipa diberbagai perkampungan warga, terutama mulai dari Desa Ntori hingga Desa Kambilo.

“Yang jelas proses pemasangan pipa yang mengalirkan air bersih ke pemukiman penduduk ini sesuai rencana akan dilakukan sepanjang 5 Kilometer, tepatnya mulai dari Desa Ntori hingga kewilayah Desa Kambilo Kecamatan Wawo,” ujarnya.

Diakuinya, dalam item pekerjaan perpipaan tersebut, pihaknya tidak hanya memasang dan menyambung pipa, akan tetapi dilakukan proses penggalian tanah terlebih dahulu dengan kedalaman 70 cm terutama di sawah-sawah milik warga. Sementara pemasangan pipa di perkampungan penduduk nantinya akan disesuaikan dengan kondisi dan lokasi pemukiman warga setempat.

 Selama mengerjakan pemasangan pipa itu lanjut Irwan, tidak ada kendala dan hambatan dilapangan, seperti munculnya protes dari warga. Karena memang sebelum memulai pekerjaan, pihaknya mengaku sudah melakukan sosialisasi pada warga masyarakat, termasuk dengan para kepala desa yang akan dilalui oleh proyek air bersih dimaksud. “Proses pemasangan pipa yang kita lakukan ini semuanya berjalan lancar, bahkan kita dibantu oleh para warga, terutama yang punya sawah dilalui oleh jalur perpipaan,” cetusnya. 

Irwan menambahkan, kalau pipa sudah dipasang semua, pihaknya sangat optimis bahwa proyek pengadaan air bersih tersebut pasti akan sukses, dan air dari hasil proyek yang bersumber di Dusun Kawae ini, dalam waktu yang tidak lama lagi akan mengalir sekaligus akan dinikmati oleh seluruh masyarakat Wawo, terutama warga mulai dari Desa Ntori hingga Desa Kambilo Kecamatan Wawo. (YAR)  

0 comments:

Post a Comment