Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 3 September 2014

Volume Air Bersih Oi Seli di Wawo Capai 60 Persen


KM LENGGE WAWO,- Pelaksanaan proyek pengadaan air bersih bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2014 bernilai milyaran rupiah, yang dikerjakan oleh PT. Tirta Sarana Mulia Technology di Dusun Kawae Desa Maria Utara Kecamatan Wawo, saat ini volume pekerjaannya sudah mencapai 60 persen. 


Pengawas proyek dari PT. Tirta Sarana Mulia Technology, Drs. Sayuti, saat ditemui di lokasi proyek mengatakan, sejak awal Agustus lalu hingga saat ini. Pihaknya tengah melaksanakan proyek pengadaan air bersih di Dusun Kawae Desa Maria Utara Kecamatan Wawo, bahkan hingga kini proses pekerjaanya sudah mencapai 60 persen.

Dijelaskannya, dalam melaksanakan proyek, terutama yang berkaitan dengan sarana dan prasarana untuk penampungan air bersih tersebut, pihaknya saat ini antara lain sedang membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas 10 liter per detik. Pembuatan bak air (Reservoar) berkapasitas 150 kubik. Membangun rumah operasional untuk pembubuk kimia, seperti kaporit, tawas dan alumunium sulfat. Membangun sebuah rumah untuk pengamanan dan rumah kecil untuk penyimpanan mesin genset serta menyediakan pipa induk sebesar 6 hingga 8 ince.

Menurut Sayuti, setelah rampungnya berbagai item pekerjaan yang laksanakan oleh pihaknya tersebut, maka air yang bersumber dari pusat mata air Oi Seli di Dusun Kawae, nantinya akan diolah dan ditampung terlebih dahulu di Reservoar, setelah itu baru dialirkan melalui jalur perpipaan ke seluruh pemukiman penduduk yang berada di lima desa diwilayah Kecamatan Wawo, yakni mulai dari Desa Ntori, Maria Utara, Maria, Pesa hingga ke Desa Kambilo kecamatan setempat.

Sayuti melanjutkan, meski dalam kontrak kerja, pelaksanaan mega proyek air bersih di Dusun Kawae tersebut akan berlangsung selama 180 hari atau sampai Nopember 2014 mendatang. Namun pihaknya optimis bahwa proyek APBN yang dikerjakananya itu paling lambat akan rampung sampai akhir September 2014 mendatang. Diakuinya, dalam mengerjakan proyek air bersih tersebut, pihaknya tidak ingin mencari keuntungan semata, tapi mutu dan kualitas yang diutamakan, karena keberadaan air bersih tersebut sangat didambakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Apalagi selama ini sebagian besar masyarakat Kecamatan Wawo selalu mengalami kesulitan air bersih. “Kami mengutamakan mutu dan kualitas dalam proyek ini, karena kami betul-betul ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat Wawo, sekaligus menjaga nama baik kami selaku pihak pelaksanan proyek di lapangan,” tandas Sayuti. (YAR)
a nama baik kami selaku pihak pelaksanan proyek di lapangan,” tandas Sayuti. (YAR)

0 comments:

Post a Comment