Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Thursday, 29 January 2015

Hadapi UN, Genjot Les Tambahan

KM LENGGE WAWO,- kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kecamatan wawo, Alimuddin H. Arsyad, S. Pd. ,M. Pd mengingatkan kepada semua kepala sekolah agar mempersiapkan siswa-siswinya menghadapi Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) tahun 2015. Pasalnya UN tahun ini rencanya akan dilaksanakan secara Online.


Hal ini dipaparkan oleh Kepala UPT Dikpora kecamatan Wawo saat ditemui oleh Kampung Media. Com diruang kerja nya Senin (19/1). Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar tahun 2015 rencanya akan dilaksanakan sekitar bulan Mei tahun 2015. Sekolah masih mempunyai waktu tiga bulan untuk mempersiapkan siswa-siswinya.

“Saya telah mengingatkan semua Kepala Sekolah dan guru disetiap kesempatan dalam rapat maupun inpeksi dan kunjungan ke sekolah-sekolah agar sekolah secara mandiri mempunyai inisiatif untuk mempersiapkan les tambahan atau pelajaran tambahan bagi siswanya diluar jam sekolah,”ungkap Alimuddin.

Alimuddin juga menambahkan bahwa data pserta UN 2015 diambil dari data Dapodik 2015, oleh sebab itu bagi sekolah yang belum syncron data Dapodik agar segera mengirim Online data semester genap tahun ajaran 2014/2015.

Sementara itu untuk UN 2015 informasi dari pemerintah masih menggunakan kurikulum KTSP 2006. Sekolah-sekolah harus menambah jam belajar siswa baik itu sore hari maupun malam hari dengan menyusun bersama jadwal di sekolah bersama dengan kepala sekolah dan guru yang berkompeten mengajar siswa kelas VI menghadapi UN.

Sekolah juga harus sering mengadakan latihan atau mengerjakan soal-soal UN tahun sebelumnya agar usai pengerjaan soal guru dapat mengevaluasi kerja muridnya sehingga bisa ditingkatkan les tambahan mata pelajaran yang masih kurang dalam penilaian hasil evaluasi pengerjaan soal UN.

Disamping latihan-latihan mengerjakan soal-soal UN tahun sebelumnya, kepala sekolah dan guru juga harus mempersiapkan siswanya untuk mengikuti Try Out tingkat SD se Kabupaten Bima yang rencanya akan diselenggarakan bulan Februari 2015.

Sebanyak 355 Siswa dan Siswi se Kecamatan Wawo tahun 2015 akan mengikuti UN, tingkat Sekolah Dasar/Madsyah Ibtidiyah (SD/MI), Jumlah peserta UN laki-laki sebanyak 180 orang dan perempuan sebanyak 175 orang yang tersebar di 20 sekolah, 17 SD dan 3 MI.

Alimuddin menargetkan sekolah se kecamatan Wawo mampu lulus dengan hasil yang bagus dan lebih baik disbanding tahun-tahun sebelumnya, oleh sebab itu pembinaan bagi sekolah-sekolah lebih intens dilkasanakan oleh jajaran UPT Dinas Dikpora Kecamatan Wawo. (Efan)

0 comments:

Post a Comment