Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Thursday, 29 January 2015

Musim Hujan Waspadai Penyakit Anak-Anak



KM LENGGE WAWO,-  Seminggu terakhir ini beberapa desa di kecamatan Wawo, banyak masyarakat mengeluh, pasalnya anak-anak bahkan remaja terkena sakit panas dan pilek. Orang tua mulai khawatir dengan keadaan seperti ini.

Musim hujan merupakan ancaman yang serius untuk kesehatan orang tua, dewasa, remaja dan bahkan anak-anak. Kondisi ini tentunya membuat sejumlah orang khawatir akan kesehatan. Udara yang semula panas-kering, tiba-tiba menjadi dingin-lembab. Kondisi ini, menimbulkan ketidaknyamanan, juga membuat tubuh mudah terserang penyakit. 

Tak heran, musim hujan yang terjadi saat ini, berpotensi mengakibatkan penyakit pada anak-anak. Terlebih lagi pada balita, yang memiliki daya tahan tubuh yang belum sempurna akan sangat rentan pada dua penyakit yang sering muncul di musim hujan, yakni Diare, Demam Berdarah (DBD), Ispa dan Tipes.

Iwan (32) warga Dusun Ta’a Desa Maria Utara  mengatakan tiga minggu yang lalu anaknya menderita sakit bahkan harus merujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima. Awalnya di bawa ke Puskesmas (PKM) Wawo, namun tidak mampu di tangani di PKM Wawo di rujuk ke RSUD Bima untuk penanganan lebih lanjut.

“Awalnya pagi hari anak saya AJ (3 tahun) terlihat sehat dan bermain dengan teman-temanya di depan rumah, ketika sore harinya dia tertidur dan tidak mau makan serta badanya panas dan lemas, akhirnya saya panic dan bawa ke PKM Wawo, sempat opname di PKM dan akhirnya di rujuk di RSUD Bima,”ujar Iwan.
Lebih lanjut iwan menceritakan bahwa, “menurut diagnose RSUD anaknya terkena demam sehingga harus dirawat intensif karena tekanan darahnya turun dan trombositnya rendanya juga, ,”katanya.

Hal yang sama juga dipaparkan oleh Abdul Hakim (37) warga Desa Maria, anaknya sempat dirawat di PKM Wawo selama beberapa hari, namun di rujuk untuk berobat ke RSUD Bima. Berdasarkan hasil uji lab juga bahwa putranya terjangkit tipes sehingga secara intensif di rawat selama 2 minggu.

“Awalnya panas kemudian lemas, kondisi ini akhirnya menghawatirkan saya untuk membawa anak saya ke Puskesmas Wawo, Mungkin kecapaian juga  anak saya karena memang lumayan aktif dalam bermain,” ujar pria yang biasa di sapa Qibo ini.

FT anaknya sempat diopname di RSUD Bima selama kurang lebih dua minggu dirawat secara intensif dan akhirnya bisa kembali ke rumah.

Hakim maupun Iwan berharap agar masyarakat menjaga kebersihan, menjaga anak-anaknya agar membatasi bermain dan tetap menjaga kesehatan anak-anaknya dan juga keluarga dengan menjaga pola makan, memberikan vitamin agar kekebalan tubuh menjadi kuat dan menjaga kebersihan apalagi sekarang hujan.

Disamping Iwan dan Hakim Sebagian orang tua maupun masyarakat juga berharap Puskesmas sebagai intansi terkait bertindak cepat untuk menangani musim hujan ini agar mengajak serta dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, pola makan dan bisa melakukan tindakan nyata seperti pengasapan ditiap desa dititik tertentu atau membagian bubuk pembunuh jentik nyamuk DBD dan mengajak masayakat untuk gotong royong bersama dengan intansi pemerintah lainya. (Efan)

0 comments:

Post a Comment