Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Kamis, 15 Januari 2015

Panitia Gelar LPJ Kegiatan MTQ ke 29 Wawo



KM LENGGE WAWO,- Panitia Musabaqah Tilwatil Qur’an (MTQ) kecamatan Wawo ke 29 tahun 2014 menggelar rapat pertanggungjawaban kegiatan di Aula kantor kecamatan Wawo. Kegiatan ini merupakan bentuk moral pertanggungjawaban atas laporan kegiatan dan penggunaan dana kepada seluruh panitia dan masyarakat kecamatan Wawo.

Rapat pertanggungjawaban dan pembubaran panitia MTQ ke 29 tingkat kecamatan Wawo ini, dihadiri oleh forum pimpinan kecamatan, panitia, dan sebagian elemen masyarakat kecamatan wawo.

Ketua panitia Musabaqah Tilwatil Qur’an (MTQ) kecamatan Wawo ke 29 tahun 2014 mengaku bahwa berdasarkan laporan pemasukan dan pengeluaran dana sudah di data dan dibuatkan dalam bentuk laporan secara tertulis dari awal kegiatan sampai dengan penutupan.

Berdasarkan laporan data dan laporan dari kepanitiaan keuangan bahwa total dana yang terkumpul adalah sebanyak Rp. 36.570.000 sumbangan dari instansi yang berada dikecamatan Wawo, masyarakat dan donatut lainya.

Sedangkan untuk pengeluarannya adalah, pembuatan panggung mimbar tilawah, dewan hakim dan seksi musabaqah sebesar Rp. 8.578.000,-. Untuk penerangan dan kelistrikan Rp. 5.120.000,-. Pembukaan dan penutupan Rp. 4.100.000,-. Operasional sehari-hari Rp. 1. 300.000,-. Kebutuhan Dewan Hakam Rp. 500.000,- Administrasi Rp. 500.000,- sedangkan untuk Hadiah sebesar Rp. 13.867.000,-. Total pengeluarannya sebesar Rp. 33.965.000. Dana penggunaan ini adalah selain dari bantuan berupa TV yang langsung diberikan barang berupa Televisi.

Sehingga menurut Alimudin saat membacakan LPJ bahwa sisa penggunaan dana tersebut tersisa Rp. 2.605.000,-. Sedangkan untuk dana sumbangan langsung dari Anggota dewan, sumbangan lainnya dari donator yang tidak di tuliskan dalam laporan namun ada dalam cataatn tersendiri adalah sebesar kurang lebih Rp. 13 juta dan ditambah dengan sisa dari instansi yang belum mengumpulkan dana sumbangan berdasarkan kesepakanatan dalam rapat bersama. Sehingga total dana tersisa adalah kurang lebih Rp. 15 Juta.

Usaai melaporkan pemasukan dan penggunaan dana, peserta rapat menanggapi dengan menanyakan dan memberikan masukan tentang laopran pertanggungjawaban ini. Beberapa peserta rapat yang merupakan panitia seperti Drs. Andiman, “berharap kedepan penggunaan pada pos seperti panggung dan lampu bisa dikurangi dan barang tersebut diinventaris untuk dipergunakan tahun depan, agar bisa hemat dan alokasinya ke hadiah untuk memacu motifasi peserta,”tutur Andiman.

Peserta rapat LPJ lainnya, seperti Mulyadin, S. Pd mengusulkan untuk sisa uang kegiatan MTQ ini bisa melatih Tilawah dan Tilawit atau peserta MTQ umtuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an sehingga target kecamatan Wawo untuk mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Bima bisa tercapai masuk ke deretan peringkat 10 besar.

Camat Wawo, Syafruddin Daud, S. Sos menyambut dengan baik usulan peserta rapat LPJ Tilwatil Qur’an (MTQ) kecamatan Wawo ke 29 tahun 2014, kecamatan Wawo perlu mempersiapkan diri untuk mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Bima, oleh sebab harus dijadwalkan bagi peserta yang akan didelegasikan mengadakan latihan kemampuan baca Al-Qur’an baik teknik membaca, irama dan sebagainya dengan mendatangkan guriu-guru atau Qori dan Qoriah terbaik dari luar kecamatan Wawo sebagai pelatih. Dana sisa anggrana MTQ akan dipergunakan untuk mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Bima dan bimbingan bagi peserta. “Sesuai dengan keinginan kita bersama bahwa kecamatan Wawo harus bisa meraih peringkat 10 besar tingkat kabupaten Bima,”ujar Camat Wawo ini. (Efan)

0 komentar:

Posting Komentar