Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Thursday, 29 January 2015

Pelestarian Situs Budaya Prioritas Musrenbangdes



KM LENGGE WAWO,- Pemerintah Desa Maria Utara Kecamatan Wawo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa di aula kantor Desa Maria Utara. Musyawarah dihaidir oleh Camat Wawao, kepala Seksi Fisik dan Pembangunan Sarana dan Prasarana (Fisipra) kecamatan Wawo, Kepala Desa, Ketua LKMD, BPD, Karang Taruna, Sekertaris Desa, Aparatur desa, kepala dusun, ketua RT dan seluruh tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Camat Wawo, yang diwakli oleh sekertaris kecamatan (Sekcam) Ridwan, S. Sos mengatakan bahwa Musrenbag adalah musyawarah bersama seluruh masyarakat untuk merencanakan pembangunan desa. “Perencanaan ini memang tidak melibatkan seluruh masyarakat namun hanya diwakilkan oleh ketua RT, kepala dusun dan tokoh masyarakat,”pingkas Ridwan.

Sebelum diselenggarakan musyawarah tingkat desa tentunya ada tahapan di tingkat RT dan Dusun, yaitu pelaksanaan musyawarah dan perencanaan ditingkat RT dan Dusun kemudian hasil rekomendasi dari tingkat RT dan Dusun yang akan dibawa ke Musrenbag tingkat Desa.

Berbagai perencanaan di bahas di Musrenbang, usulan dan masukan dari tingkat dusun bahas di tingkat desa untuk dipaparkan dan di musyawarahkan skala prioritas perencanaan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga tidak semua usulan di rekomendasikan untuk di bawa ke Musrenbag tingkat Kecamatan Wawo.
Namun Kepala Seksi Fisik dan Pembangunan Sarana dan Prasarana (Fisipra) kecamatan Wawo, Syarifuddin Bahsyar, S. Sos memaparkan bahwa untuk tahun 2015 berdasarkan rapat  bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bima usulan tiap kecamatan akan dibatasi lima usulan per item setiap desa.

“Pemerintah Kabupaten Bima membatasi setiap desa hanya mengusulkan 5 poin per item, hal ini dilakukan karena usulan yang direkomenadikan oleh kecamatan dari tiap desa sangat banyak setiap tahunnya. Oleh sebab itu tahun 2015 hanya 3 bagian perencanaan yang siapkan yaitu, Sarana dan prasarana, Ekonomi, dan Sosial dan Budaya,”papar Syarif.

Syarif menegaskan, bahwa 3 perencaan tersebut hanya bias mengusulkan 5 perencanaan yang kebutuhannya mendesak dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Desa Maria Utara, untuk perencaan sarana prasarana dari Dusun  Ta’a , Loka Atas, Loka Bawah dan Dusun Kawae, di dominasi oleh usulan untuk peembukaan gang dan jalan baru, rabat gang dan drainase. Sedangkan untuk ekonomi pembukaan jalan ekonomi baru dan Sosial Budaya dari semua dusun mengusulkan rehab mesjid.

Dari rencana  pembagunan social budaya ada usulan yang menarik dan tergolong tidak pernah diwacanakan yaitu megaran dan pemugaran situs budaya dan sejarah Ncuhi Maria, komplek Uma Lengge Dorondempa dan Situs Kuburan Raja “Pajuri”.

Usulan pemagaran dan pelestarian situs budaya dan sejarah ini mendapat respon positif dari seluruh peserta Musrenbag. Disamping itu juga perbaikan dan penimbunan lapangan Umum Wawo menjadi usulan dari Tokoh Pemuda Dusun Ta’a Syaiful. “Kami harap sarana lapangan umum Wawo ini merupakan kebutuhan bersama bagi seluruh masyarakat kecamatan Wawo, mohon kiranya agar Camat Wawo bias membawa rencana perbaikan dan penimbunan lapangan ke Musrenbag tingkat kecamatan Wawo. 

Usulan tentang pelestarian situs budaya dan perbaikan lapangan umum Wawo ini disepakati bersama oleh seluruh peserta musrenbag disamping 15 item dalam 3 kategori perencanaan pembangunan tadi. Kepala Dusun Kawae Amir dan kepala Dusun Ta’a M. iksan mengamini usulan dari peserta Musrenbag karena sudah berdasarkan pertimbangan yang lebih mementingkan dan mendesak bagi masyarakat Desa Maria Utara.

Kepala Desa juga menyampikan informasi terkait persiapan Desa Maria Utara yang akan mewakili Kecamatan Wawo dalam Lomba Desa tingkat Kabupaten Bima. Kepala Desa mengajak semua elemen dan lembaga desa beserta masyarakat untuk menata dan memperbaiki administrasi dan lingkungan agar tertata dengan rapi. (Efan)

0 comments:

Post a Comment