Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 8 April 2015

SDN 3 Maria, Sosialisasi Sanitasi Berbasis Sekolah


KM LENGGE WAWO,- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Maria Kecamatan Wawo kembali dikunjungi dalam rangka Sosialisasi yang bertajuk siswa sebagai agen perubahan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pada Sanitasi berbasis sekolah.


 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Maria Kecamatan Wawo, merupakan salahsatu sekolah contoh di Provinsi NTB sebagai bagian dari kerjasama pihak Kedutaan Besar Kerajaan Belanda dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Koordinar fasilitator Wold Sanitation Program (WSP), Mahman, Wahidah (fasilitator), Arif Budiwibowo, dan Kasi Pembangunan JPKM dan UK Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, A Haris Muslim, dan didampingi Kepala SDN 3 Maria, ST Julhijah, S.Pd, beserta guru dan siswa.

Kepala SDN 3 Maria dalam sambutanya mengatakan sejak mengikuti Lomba Sekolah Sehat mewakili Kabupaten Bima di tingkat Propinsi NTB tahun 2014 yang lalu, Dia mengaku, kegiatan sanitasi di sekolah tetap terjaga dengan baik. Siswa secara mandiri sudah terbiasa dengan kebiasaan menjaga pola hidup bersih dan sehat. Untuk tetap menjaga kebiasaan disekolah, sekolah bersama dengan masyarakat telah menyiapkan fasilitas lingkungan yang baik baik itu tempat sampah, tempat cuci tangan dan keasrian lingkungan.

Dia berharap dengan sosialisasi sanitasi berbasis sekolah  ini siswa semakin dicerdaskan untuk memahami dan mengamalkan betapa pentingnya PHBS itu. Harapnya mereka mampu  menjadi agen perubahan bagi lingkungan keluarganya dan masyarakat secara keseluruhan di sekitar lingkungan SDN 3 Maria.

“Kami bersyukur SDN 3 Maria terpilih menjadi sekolah contoh Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kecamatan Wawo khususnya dan Kabupaten Bima umumnya, dan mampu menginspirasi sekolah lain untuk mengikuti sekolah SDN 3 Maria,” ujar Zulhijah.

Koordinator Fasilitator WSP, Mahman dan Kasi Pembangunan JPKM dan UK Dikes Kabupaten Bima, A Haris Muslim. Program sanitasi berbasis sekolah itu penting agar siswa memiliki pemahaman mengenai pentingnya PHBS baik yang berkaitan dengan lingkungan maupun pentingnya sarana dan prasarana sanitasi yang baik.

Anak-anak dengan orang tua berbeda, oleh sebab itu kita didik mereka ini supaya menjadi terbiasa dengan PHBS sejak usia dini, karena kalau sejak kecil terbiasa maka sampai tua akan membawa kebiasaan baik ini.


“Kalau kita mendidik orang tua cepat lupa. Hari ini diajarkan besok sudah lupa, tetapi kalau anak-anak yang kita ajarkan dan memraktikan PHBS itu, maka mereka bukan saja akan menerapkan di sekolah, tetapi juga di rumah masing-masing,” ujar Kasi Pembangunan JPKM dan UK Dikes Kabupaten Bima, A Haris Muslim, “tutur Haris.  (Efan)

2 comments:

Post a Comment