Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 21 April 2015

PT. Pos Cabang Pembantu Maria, Membayar Dana PSKS


KM LENGGE WAWO,- Sebanyak 1.392 orang Rumah Tangga Sasaran (RTS) sembilan Desa yang ada di Kecamatan Wawo memadati PT. Pos Indonesia Kantor Pembantu Cabang Pos (KCP) Maria kembali membayarkan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS), Senin (13/4) di Halaman KCP.Maria.


Simpanan Keluarga Sejahtera diberikan kepada keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang merupakan pengganti Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) adalah merupakan penanda keluarga kurang mampu yang berhak untuk mendapatkan berbagai bantuan sosial termasuk simpanan keluarga sejahtera.

Program Simpanan Keluarga Sejahtera bagi pemengang KKS itu sendiri merupakan program pemberian bantuan non tunai dalam bentuk simpanan yang diberikan kepada 15,5 Juta Keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia, sejumlah Rp. 200.000/Keluarga/Bulan.

Kepala Cabang Pembantu PT. Pos Indonesia (Persero) KPC Maria, Ahmad H. Mahmud ditemuai diruang kerjanya usai pembagian PSKS mengaku bahwa, Untuk kecamatan Wawo pembagian PSKS terhadap RTS dijadwal selama 3 hari, karena KCP Maria tidak mampu melayani kelagus RTS yang berjumlah 1.392 orang se Kecamatan Wawo.

“Pembagian PSKS ini di jadwalkan selama 3 hari, yaitu hari Sabtu, Minggu dan Senin (11,12,13/4). Hari Sabtu kita jadwalkan 4 Desa, yaitu Desa Raba, Kombo, Kambilo dan Pesa. Hari Minggu, Desa Maria, Maria Utara dan Riamau dan hari Senin, Desa Tarlawi, dan Ntori,”kata Ahmad.

Ahmad menambahkan, Pembagian PSKS ini melibatkan Polsek Wawo untuk menjaga keamanan karena desakan dan banyaknya masyarakat yang ingin cepat dilayani untuk mencairkan PSKS. Untuk mencairkan dana PSKS RTS harus membawa fotocopy Kartu PSKS, KTP dan KK sebagai syarat agar dapat dicairkan.  

"Bantuan untuk PSKS tahun 2015 dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) diberikan dalam triwulan  atau pertiga yaitu bulan Januari, Februari dan Maret sebesar Rp200.000,- /bulan sehingga mereka menerima sebesar Rp 600.000,- dalam 3 bulan,” katanya.

Sementara itu warga Desa Kombo penerima menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dan berharap untuk mendapatkan bantuan dari program PSKS karena uang tersebut bermanfaat sekali untuk membelanjakan kebutuhan pokok bagi keluarga yang semakin naik. “Apalagi kenaikan BBM ini kami kesulitan karena semua harga naik, bahkan harga sayur mayor dan ikan juga ikut naik,”kata Rahmat.

Begitu juga Hafsah, Warga RT 1 Desa Pesa, mengaku, dengan bantuan PSKS dari pemerintah ini kami merasa terbantu pasalnya meringankan untuk kebutuhan sekolah anak dan keperluan rumah tangga lainnya. “ Uang ini saya gunakan untuk membantu keperluan dan kebutuhan sekolah anak dan keperluan lainya di rumah,”kata Hafsah.

Penerima PSKS lainpun mengaku merasa senang dan terbantu dengan adanya bantuan langsung tunai dari pemerintah, sehingga meringankan dan membantu kebutuhan dirumah, karena BBM naik dan Hasil panen kemarin juga tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka PSKS ini menjadi penolong bagi masyarakat saat ini.


Dari RTS yang mendapatkan PKSK, Desa Raba adalah desa yang paling banyak RTS yaitu 213 disusul Desa Raba  205 RTS, Desa Maria 189 RTS, Desa Kambilo 175 TRS, Desa Maria Utara 143 RTS, Desa Riamau dan Tarlawi 121 RTS, Desa Pesa 118 RTS, dan Desa Ntori merupakan Desa yang paling sedikit menyumbang RTS PSKS sebanyak 107 RTS. (Efan)

0 comments:

Post a Comment