Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Senin, 29 Juli 2019

99 Desa Wisata NTB, 10 Desa Di Kabupaten Bima, Berikut Ulasannya

Desa Sambori

KM LENGGE,- Dari 99 Desa Wisata Nusa tenggara barat yang telah ditetapkan, 10 desa wisata tersebut berlokasi di Kabupaten Bima, Kabupaten Bima memang menyimpan berbagai destinasi wisata menarik yang tidak kalah dengan kabupaten lainnya, berikut ulasan kami mengenai 10 desa Wisata yang berlokasi di Kabupaten Bima ;


1. Desa kawinda toi kecamatan tambora kabupaten Bima Desa ini dikenal dengan penghasil madu alami dengan kualitas tinggi, alamnya yang masih asri membuat daerah ini menjadi destinasi wisata terkenal, pengaruh gunung tambora juga tidak bisa dipungkiri menarik wisatawan ke Desa Kawinda To,i.

2. Piong adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sanggar, Desa ini berada di wilayah daratan sekitar Teluk Saleh, teluk dengan perairan jernih yang termasuk dalam 3 kawasan, yaitu Sumbawa, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Bima (Kecamatan Sanggar dan Tambora). Daerah ini menjadi lahan basah karena merupakan kawasan pemancingan

3. Desa Labuhan Kananga  berpenduduk 1.109 jiwa lebih dari 68% warganya merupakan petani, dengan peningkatan kapasitas pemerintah, penguatan kerjasama antar desa, peningkatan partisipasi masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif. Pokdarwis juga sangat berperan dalam peningkatan sektor wisata Desa Labuhan Kananga.

4. Desa Oi panihi terletak di kecamatan tambora Kabupaten Bima dan terkenal dengan beberapa destinasi air terjun yang eksotis, desa ini masih memiliki wilayah alam yang asri dan alami. Air terjun di oi Panihi kerap menjadi destinasi terakhir bagi wisatawan setelah melakukan pendakian ke gunung Tambora.

5. Desa Sambori adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Lambitu, Desa Sambori menyediakan wisata budaya disamping keindahan alam dan air terjunnya dan mempunyai bahasa yang cukup unik, yaitu bahasa (Mbojo lama), yaitu bahasa yang masih khas dan mendekati asli. Hal tersebut yang membedakan desa Sambori dengan desa-desa lain di wilayah kabupaten Bima, karena pada umumnya masyarakat Bima menggunakan bahasa Bima (nuntu mbojo).

6. Desa Maria terletak dikecamatan Wawo dengan budaya dan adat yang masih kental, desa maria memiliki berbagai macam destinasi wisata alam dan salah satunya adalah Uma lengge yang juga berlokasi di desa Maria

Uma lengge Desa Maria

7. Desa Soro adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebagian besar masyarakat desa Soro bermata pencaharian sebagai petani, keadaan alam masih asri dan belum tersentuh. Berbagai destinasi wisata pantai terkenal bertebaran di Desa Soro.

8. Desa Risa terletak di sentral Kabupaten Bima, Posisinya lumayan berdekatan dengan Kantor Bupati Bima yang baru, di Desa Godo – Kecamatan Woha, Sebagian besar wilayah Desa Risa berupa persawahan, peternakan, perkebunan, dan perbukitan. Bila kita berbicara seputar desa wisata yang sedang jadi narasi besar dalam diskursus kepariwisataan saat ini, desa yang berpenduduk sekitar tujuh ribu lebih ini dapat diproyeksikan sebagai desa wisata. Sumber daya dan potensi keindahan alam pun tak kalah dengan desa-desa lain di Bima. Salah satu objek wisata andalan di Desa Risa adalah Air Terjun Kalate Mbaju, berlokasi di sekitar lereng gunung, ndundu jara

9. Desa Panda berlokasi di Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima memiliki destinasi wisata pantai yang indah, tidak heran Pemda Kabupaten Bima memilih taman Desa Panda sebagai tempat Penyelenggaraan Festival Budaya Teluk Bima. 

10. Desa Tolotangga terletak di Kecamatan Monta, dengan keindahan alam tersembunyi, sebagian besar penduduk tolotangga bermatapencaharian sebagai petani.

Untuk tahun 2019 ini Pemprov Nusa tenggara barat menetapkan Desa Maria, Kecamatan Wawo  sebagai desa prioritas pengembangan, beberapa desa lainnya akan menyusul. (galank)

Air terjun susun 7 Desa Kawinda To,i (www. kampung media.com)

Air terjun Oi Panihi

0 komentar:

Posting Komentar