Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Kamis, 18 Juli 2019

Kampung Media Terima Penghargaan KemenPan-RB Wakili Indonesia UNPSA 2019


KM LENGGE,- Kampung Media kembali menorehkan prestasi yang membanggakan bagi warga kampung media dan masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kampung Media di undang pada malam anugerah 99Top Inovasi Nasional (18/7) di Semarang Jawa Tengah, untuk menerima anugerah khusus karena wakili Indonesia saat lomba keterbukaan public dunia di Eropa.


Prestasi ini diraih Kampun Media setelah menjadi salahsatu dari 21 inovasi yang mewakili indonesia sebagai peserta United Nation Public Service Award (UNPSA) kategori Promoting Digital Transformation in Public Sector Institutions di Azarbaijan pada Juni 2019 yang lalu.

Kepala Kampung Media Fairuz Abadi SH yang menerima langsung penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPanRB) Syafrudin, menyampaikan bahwa ini merupakan prestasi yang diperoleh untuk anak-anak kampung yang berada di pelosok, dasan dan dusun, dari Ampenan Kota Mataram sampai Ujung Sape Kabupaten Bimatelah berjuang menyampaikan informasi kepada dunia.

“Kampung Media merupakan journalisme warga NTB, menyampaikan informasi pembangunan, pariwisata dan lain sebagainya dari kampung,” jelas Kepala Bidang (kabid) IKP mewakili Dinas Kominfotik NTB.

Fairuz juga menambahkan,  “Saya berharap semua ASN untuk membuat Inovasi pelayanan publik baik secara personal atau perorangan maupun secara Instasional. Hal ini dikamksudnkan agar masyarakat merasa dilayani dengan baik dan ukurannya adalah index kepuasan masyarakat," ajanya.

Pada acara Anugerah 99Top Inovasi Nasional di Semarang Jawa Tengah tersebut, Fairuz yang dikenal sebagai kepala kampung dikalangan anak-anak kampung media bertemu langsung juga dan mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang secara khusus mengapresiasi keberadaan Kampung Media, karena pernah mengunjungi langsung kegiatan anak-anak kampung media pada tahun Juli 2016 lalu.

“Secara khusus Pak Ganjar menyampaikan salam pada semua anggota komunitas Kampung Media karena pernah ke Lombok bertemu anak kampung yang tak kampunga,” kata pria yang akrab disapa Abu Macel ini.

Disamping ucapan selamat dari Gubernur Jawa Tengah, Fairus juga mendapat ucapan selamat dari Gubernur Jawa Timut Khofifah Indar Parawansa, -Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Anggota Ombudsman Republik Indonesia Dadan Suparjo saat menghadiri malam anugerah 99Top Inovasi Nasional.

Menpan RB, Syafruddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak tahun 2014, proposal yang diajukan untuk mengikuti  Inovasi Pelayanan Publik terus meningkat bahkan tahun ini ada 3.156 proposal inovasi yang diajukan secara online melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik (Sinovik). Jumlah ini meningkat dari tahun 2018 yang mencapai 2.824 proposal inovasi. "Total sampai sekarang jumlahnya 13.214 inovasi publik," kata Syafruddin.

Kampung Media sendiri telah meraih banyak prestasi, baik dari Pemrov. NTB maupun tingkat Nasional bahkan dunia. Prestasi Kampung Media tahun 2011 memperoleh penghargaan Universal Service Obligation (USO AWARD) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia karena dinilai sebagai ide kreatif terbaik dalam penyebarluasan informasi.

Pada tahun 2014, Kampung Media berhasil menyisihkan 515 Inovasi dari seluruh Indonesia yang diikuti semua daerah dan lembaga serta kementrian dan memperoleh gelar 9TOP Inovasi Nasional bidang Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Sejak saat itu Kampung Media menjadi materi pembelajaran bagi sejumlah daerah di Indonesia.

Kampung Media yang digagas Fairuz ini, merupakan rogram penyebarluasan informasi berbasis komunitas dan seluruh kegiatannya mengggunakan sebuah portal informasi, berita dan jurnalisme.

Partisipasi publik dapat didorong melalui tingkat penyebaran informasi yang merata di tengah masyarakat. Mendorong partisipasi publik dalam penyebarluasan informasi. Mengubah budaya bertutur menjadi menulis.  (kim wawo).


0 komentar:

Posting Komentar